Canggih, Mumbai Bangun “Landmark” Pembersih Udara Kota

Gambar

KOMPAS.com — India tak ingin ketinggalan dari negara lain dalam hal pengembangan pencakar langit. Setelah mencuat sebagai salah satu negara penting yang maju dalam bidang teknologi, riset, dan ilmu pengetahuan, India mulai merintis gedung-gedung jangkung di pusat-pusat kota.

Terbaru adalah Grove Towers milik Space Ornate, yang baru saja memulai peletakan batu perdana konstruksi. Tak main-main, Space Ornate bekerja sama dengan tim arsitek kelas dunia asal Denmark, 3XN. Mereka mendesain gedung ini berbeda dengan pencakar-pencakar langit di negara lain. Grove Towers Mumbai laksana pepohonan yang saling menjalin satu sama lain.

Inspirasi desain gedung seluas 77.000 meter persegi ini berasal dari alam India dan hutan mangrove Mumbai. Tampilan visualnya mirip dengan kelompok batang bakau yang erat terjalin di dasar lahan, untuk kemudian tumbuh ke atas menjadi dua menara multifungsi. Dua menara ini terhubung oleh sebuah podium dengan akses pemandangan Samudra Hindia. Grove Towers mengintegrasikan ruang ritel di lantai dasar, hotel, dan hunian.

Direktur Kreatif 3XN Kim Herforth Nielsen mengatakan, desain ini mampu menciptakan nuansa yang istimewa dan berbeda untuk masyarakat Mumbai. Kota ini memiliki kekuatan dalam segala aspek kehidupan. Saya ingin ini menjadi sebuah komunitas vertikal yang membawa kita tumbuh bersama,” ujar Kim.

Selain itu, Grove Towers dijadikan sebagai model GXN, sebuah inovasi 3XN dalam proses desain.  Fasadnya dirancang sedemikian rupa agar mampu mengurangi terik matahari langsung secara signifikan, tetapi dapat memaksimalkan ventilasi alami. Lebih dari 2.500 meter persegi dialokasikan sebagai kebun vertikal yang berpotensi dapat menurunkan kadar CO2 di lingkungan yang lembab dan padat serta membersihkan udara Mumbai. Gedung ini juga ditujukan untuk mendapatkan sertifikasi emas LEED.

Duta Besar Denmark untuk India, Freddy Svane, yang menghadiri prosesi groundbreaking, menambahkan, Grove Towers menyoroti potensi yang tak terbatas dalam menggabungkan keterampilan arsitektur kelas dunia Denmark, serta teknik dan teknologi canggih India.

“Grove Towers adalah tengara ikonik India yang benar-benar dapat mengubah cakrawala Mumbai,” ujar Svane.

Proses konstruksi Grove Towers diperkirakan memakan waktu sekitar 3 tahun. India sendiri saat ini sedang membangun delapan supertall (pencakar langit dengan ketinggian di atas 300 meter). Dari jumlah ini, enam di antaranya berada di Mumbai.

sumber : http://properti.kompas.com/index.php/read/2014/05/12/1115168/Canggih.Mumbai.Bangun.Landmark.Pembersih.Udara.Kota

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s